Sabtu, 30 Januari 2010

Pentingnya Pendidikan Spiritual Sejak Dini



Mungkin banyak orangtua yang tidak menyadari bahwa pendidikan spiritual bagi anak merupakan hal yang penting. Faktanya, pendidikan spiritual merupakan hal yang perlu ditanamkan pada anak sejak bayi, bahkan sejak anak Anda masih berada di dalam kandungan. Berikut akan dijelaskan manfaat pendidikan spiritual bagi anak Anda dan juga bagaimana cara mendidik anak Anda secara spiritual.
Beberapa alasan pentingnya pendidikan spiritual bagi anak Anda :

Menurut tulisan Steven Downshen, MD mengenai hubungan spiritual dan kesehatan fisik, maka berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan selama 7 tahun kepada warga yang lanjut usia, didapatkan hasil bahwa hal keagamaan dapat mempengaruhi kesehatan, seperti memperkecil rasa depresi dan bahkan memperkecil kemungkinan adanya cacat fisik.

Pendidikan spiritual atau keagamaan sangat penting dalam membentuk kepribadian sang anak. Anak yang sejak bayi atau bahkan sejak dalam kandungan telah dibiasakan oleh ayah dan ibunya untuk akrab dengan hal-hal kerohanian, seperti dinyanyikan lagu-lagu yang bernuansa keagamaan, diceritakan cerita-cerita yang berbau keagamaan, dan diperkenalkan pada kebiasaan berdoa atau bersembahyang sejak dini, biasanya akan berperilaku lebih baik dari anak-anak kebanyakan, karena anak kecil biasanya akan menyerap apa yang sering diajarkan oleh kedua orangtuanya.

Menurut suatu sumber, penelitian telah membuktikan bahwa orang yang sering mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan orang-orang yang tidak pernah berkecimpung dalam kegiatan keagamaan.

Pendidikan spiritual atau keagamaan secara tidak langsung mendidik anak Anda untuk menjadi disiplin. Mungkin yang Anda ajarkan padanya adalah hal-hal sederhana, seperti ikut mengajaknya beribadah atau mengajarkan menyanyi lagu-lagu yang bernuansa keagamaan. Namun ia akan menjadi terbiasa untuk berdisiplin dalam hal-hal spiritual, seperti ia akan terbiasa berdoa sebelum menyantap makanan, dan sebagainya. Disiplin yang dimulai dari hal rohani kelak akan mempengaruhi kepribadiannya untuk menjadi anak yang disiplin juga di dalam hal jasmani.

Pendidikan spiritual atau keagamaan memang penting ditanamkan sejak kecil. Bahkan dalam menjalankan hari-hari yang bisa dikatakan sulit, pegangan agama sangat penting untuk menolong seseorang dalam hidupnya. Hal tersebut seperti yang dikatakan dalam suatu sumber, bahwa penelitian yang dilakukan terhadap pasien yang akan menjalani operasi, biasanya pasien yang memiliki pegangan agama akan lebih merasa menerima kekuatan dan kedamaian dari keagamaan mereka, dimana tiga kali lebih banyak dari mereka yang sanggup bertahan hidup adalah orang yang memiliki pegangan agama daripada yang tidak.

Beberapa Cara Untuk Menanamkan Pendidikan Spiritual Pada Anak Anda :

Biasakan anak Anda untuk mendengarkan lagu-lagu yang berbau keagamaan sejak dalam kandungan dan ketika ia berusia balita. Mendengarkan lagu klasik memang bagus untuk perkembangan otaknya, namun mendengarkan lagu yang bernuansa keagamaan sangat baik untuk perkembangan spiritualnya. Dan bagaimanapun, kebutuhan rohani dan jasmani harus diberikan secara seimbang.

Biasakan anak Anda untuk mendengarkan cerita-cerita yang berbau keagamaan sebelum tidur. Anda harus mulai menceritakan hal tersebut kepadanya sejak dari kandungan Anda. Ketika ia lahir dan menjadi seorang bayi, Anda jangan berpikir bahwa Anda hanya cukup memberinya kasih sayang berupa ASI, tetapi jika Anda mau untuk menyediakan waktu Anda menceritakan kepadanya cerita-cerita bernuansa rohani atau keagamaan sebelum ia tidur, tanpa Anda sadari, hal tersebut akan mempengaruhi kepribadiannya kelak.

Anak biasanya mencontoh apa yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. Jika ia melihat bahwa orangtuanya rajin terlibat di dalam kegiatan yang berbau kegamaan, ia akan berusaha untuk mencontoh apa yang Anda lakukan. Karena itu, sikap Anda di hadapannya akan sangat berpengaruh terhadap minatnya terhadap kegiatan yang berbau keagamaan.

Biasakan untuk mendoakan anak Anda sebelum tidur sejak ia masih dalam kandungan dan juga ketika ia masih bayi. Dan ketika ia mulai besar, ajarkan ia untuk tahu yang namanya beribadah, dimulai dari hal yang sederhana, seperti doa sebelum makan. Lambat laun, hal tersebut akan membantu anak Anda dalam perkembangan spiritualnya dan akan membantunya menjadi pribadi yang lebih baik.

http://www.vibizlife.com/health_details.php?pg=health&id=13238

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar